Gandeng Aktivis dan LSM Kawal Pembangunan Desa dinilai Langkah Cerdas

Gandeng Aktivis dan LSM Kawal Pembangunan Desa dinilai Langkah Cerdas
Gandeng Aktivis dan LSM Kawal Pembangunan Desa dinilai Langkah Cerdas

jpnn.com - JAKARTA - Inisiatif Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar yang akan membuat Kelompok Kerja (Pokja) masyarakat sipil untuk desa membangun Indonesia, sangat tepat dan strategis. Karena aktivis masyarakat sipil merupakan praktisi yang setiap hari berada di tengah-tengah masyarakat.

"Partnership dengan koalisi masyarakat adalah cara cerdas dalam mempercepat desa membangun. Sebab para NGO, akademisi, dan aktivis masyarakat sipil adalah praktisi yang setiap harinya bercengkrama dengan masyarakat," ujar pemerhati masalah desa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Jawa Timur Masdar Hilmy, Kamis (14/1).

Selain itu, Masdar juga mendukung langkah Marwan meningkatkan kerja sama dengan kampus-kampus. Karena punya intensitas tinggi melakukan kajian dan penelitian ilmiah berhubungan dengan masyarakat desa. 

"Kampus juga harus digandeng karena memiliki kedekatan dengan masyarakat desa sehingga prpgram akan berjalan efektif. Baik dalam penelitian, kerja lapangan dan sebagainya," ujar Masdar.

Sementara itu, Marwan mengatakan, pihaknya memang mendorong dibentuknya forum NGO dan masyarakat sipil yang menjalankan ruang lingkup desa membangun serta pemberdayaan masyarakat desa. Kolaborasi antara pemerintah dengan elemen masyarakat sipil harus dilakukan agar program untuk desa bisa berjalan cepat dan maksimal.

“Dalam waktu dekat kita akan mendorong pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) masyarakat sipil untuk desa membangun Indonesia. Pokja ini bisa menjadi wadah bagi kita semua untuk saling bertukar pemiikiran dan pengalaman untuk bersama-sama dalam memandirikan dan memajukan desa sesuai dengan amant UU Desa No.6/2014,” ujar Marwan.(gir/jpnn)


JAKARTA - Inisiatif Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar yang akan membuat Kelompok Kerja (Pokja) masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News