Gandeng BUMN dan Swasta, Kemenhub Bidik 30 Infrastruktur

Gandeng BUMN dan Swasta, Kemenhub Bidik 30 Infrastruktur
Gedung Kementerian Perhubungan. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan tahun ini akan segera melakukan kerjasama pengelolaan beberapa infrastruktur perhubungan, seperti bandara dan pelabuhan ke pihak BUMN dan swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, ada 30 infrastruktur perhubungan yang akan dikerjasamakan, yaitu 10 bandara dan 20 pelabuhan yang saat ini dikelola Kemenhub.

"Tahun ini segera kami kerjasamakan lima bandara dan delapan pelabuhan dulu. Lima bandara tersebut yaitu di Belitung, Tanjung Pandan, Samarinda, Tarakan dan Palu," ujar Budi usai menghadiri acara Forum BUMN 2016 di Jakarta, Kamis (3/11).

Menurut Budi, dengan kerjasama dengan pengelolaan infrastruktur perhubungan ke BUMN dan swasta, pemerintah akan lebih fokus melakukan pembangunan infrastruktur di daerah-daerah yang masih belum memiliki akses transportasi, seperti di kawasan terpencil, terdalam, dan terluar (3T).

"Pelabuhan dan bandara yang sudah besar kami kerjasamakan, supaya APBN bisa digunakan untuk membangun di tempat yang paling ujung dan paling jauh," tutur dia.

Budi menambahkan dengan adanya kerjasama ini, akan lebih mempertegas fungsi regulator dan operator. Kemenhub sebagai regulator, sementara BUMN dan swasta sebagai operatornya.(chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan tahun ini akan segera melakukan kerjasama pengelolaan beberapa infrastruktur perhubungan, seperti bandara dan pelabuhan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News