Gandeng Kemenparekraf dan Kemendikbud, Kemnaker Siapkan SDM Unggul di Mandalika

Gandeng Kemenparekraf dan Kemendikbud, Kemnaker Siapkan SDM Unggul di Mandalika
Menaker Ida Fauziyah menerima Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri di Kantor Kemnaker pada Rabu (26/1). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di Mandalika.

Kemnaker juga memberikan dukungan melalui promosi dan partisipasi pelaku usaha swasta di destinasi super prioritas Mandalika.

"Tenaga kerja yang bergerak di sektor pariwisata, khususnya pelatihan digital, perlu dikuatkan dan didampingi dalam promosi dan pengembangan wisata," kata Menaker Ida Fauziyah saat menerima Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri di Kantor Kemnaker pada Rabu (26/1).

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, untuk menyiapkan SDM lokal yang unggul, pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mengembangkan desa wisata dan wirausaha mandiri di sekitar Mandalika.

Pengembangan ini dilakukan dengan pelatihan hard and soft skill yang mengacu pada kondisi terkini dan bersifat multitasking dan multiskilled.

"Harus ada spesifikasi dan kualifikasi dari pelatihan yang dibutuhkan oleh destinasi super prioritas wisata karena peminat pekerja sangat banyak dengan keahlian yang terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan di Mandalika," ucap Ida.

Pathul Bahri menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan asosiasi perhotelan seperti BLK Lombok Timur, Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS), Asosiasi Industri Pariwisata, serta UMKM di wilayah Mandalika untuk menyiapkan tenaga kerja.

"Pelatihan-pelatihan tersebut nanti dikhususkan kepada pekerja perhotelan yang akan ditempatkan di sejumlah hotel di Mandalika," ujar Pathul Bahri. (mrk/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Kemnaker mendukung Pemkab Lombok Tengah untuk menyiapkan SDM yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di Mandalika


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Advetorial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News