Gandeng Komunitas Ciliwung, KLHK Ingin Kualitas Air Sungai Lebih Baik

Gandeng Komunitas Ciliwung, KLHK Ingin Kualitas Air Sungai Lebih Baik
KLHK bersama komunitas mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik. Foto: KLHK

jpnn.com, DEPOK - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama 36 komunitas menggelar aksi bersih sungai Ciliwung di enam titik di Kota Depok yang mencakup Kecamatan Sukmajaya, Pancoran Mas, dan Beji, Sabtu (4/6).

Aksi bersih-bersih sungai itu menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya.

Kegiatan itu bertujuan untuk mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

Direktur Pengendalian Pencemaran Air, Nety Widayati mengatakan pihaknya menggerakan komunitas dengan harapan sebagai fasilitator, sehingga masyarakat bisa berubah pemikirannya.

"Kami menggerakkan masyarakat melalui komunitas dengan harapan mindsetnya menjadi lebih peduli ke lingkungan, dan hasilnya terlihat jika kualitas air sungai Ciliwung membaik," ujar Nety dalam siaran persnya, Sabtu.

Pencemar terbesar sungai, disebut Nety, berdasarkan data pemantauan berasal dari limbah domestik rumah tangga.

Untuk itu, melalui gerakan peduli sungai seperti ini diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi.

Sebab, masyarakat akan semakin teredukasi pentingnya sungai yang bersih.

KLHK bersama komunitas mengkampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News