Gandeng KPK, Bank Jateng Bersih dari Korupsi

Gandeng KPK, Bank Jateng Bersih dari Korupsi
Gubernur Ganjar Pranowo bersama jajaran KPK dan Bank Jateng. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi Bank Jateng yang aktif bekerja sama dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sejak 2017, Bank Jateng bersama KPK rajin menggelar sosialisasi dan pelatihan antikorupsi.

Brigjen Bahtiar Ujang Purnama, Direktur WIlayah III Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK mengatakan, pada intinya KPK ingin memastikan seluruh kegiatan Bank Jateng bersih dari korupsi.

Oleh karena itu, para karyawan Bank Jateng pun diberi pelatihan untuk mengenali bentuk-bentuk korupsi dan cara menghindarinya.

Seperti yang dilaksanakan baru-baru ini, KPK bersama PPATK melakukan sosialisasi Implementasi NCT (Non Cash Transaction) Pemda dan Penerapan GCG (Good Corporate Governence) di Kantor Pusat Bank Jateng Kota Semarang.

Edukasi tersebut, menurutnya, sangat penting sebab para karyawan Bank Jateng bekerja dalam bisnis yang rentan terjadi korupsi.

"Contoh misal pada saat mereka menilai anggunan kredit, mereka bisa membesarkan, di-mark up penilaiannya. Kedua pasca pemberian kredit itu ada kick back, bahasanya ucapan terimakasih, seperti itu," katanya, di Kantor Pusat Bank Jateng, Jalan Pemuda, Semarang, Jumat (28/1).

Bersihnya operasional Bank Jateng dari korupsi kemudian berpengaruh terhadap optimalnya pendapatan daerah.

Para karyawan Bank Jateng pun diberi pelatihan dari KPK untuk mengenali bentuk-bentuk korupsi dan cara menghindarinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News