Gandeng PT STS, Pelindo Jasa Maritim Lakukan Dekarbonisasi Pelabuhan

Gandeng PT STS, Pelindo Jasa Maritim Lakukan Dekarbonisasi Pelabuhan
PT Pelindo Jasa Maritim menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama investasi pengembangan onshore power supply di lingkungan Pelabuhan Pelindo. Foto: dokumentasi Pelindo Jasa Maritim

jpnn.com, TANGERANG - PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) berkolaborasi dengan PT Solusi Teknologi Samudera (STS) dalam implementasi dekarbonisasi di pelabuhan.

Kolaborasi ini diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama investasi pengembangan onshore power supply di lingkungan Pelabuhan Pelindo.

Aktivitas pelayaran di perairan Indonesia menyumbang 19 persen dari emisi gas rumah kaca tahunan Indonesia. 

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki 2.459 pelabuhan yang semuanya berkomitmen mengubah pelabuhan-pelabuhan ini agar sesuai dengan standar “Pelabuhan Hijau” (Green Port) yang baru sebagai bagian dari inisiatif Negara Republik Indonesia untuk mengurangi emisi rumah kaca negara dan mencapai Net Zero Emissions pada 2060. 

“Hari ini, kami melakukan MoU sebagai tindak lanjut komitmen perseroan untuk mengurangi karbon, menuju terciptanya pelabuhan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan” kata Direktur Utama Subholding Pelindo Jasa Maritim Prasetyadi.

Prasetyadi menjelaskan penggunaan OPS ini adalah langkah Pelindo mewujudkan Green Port untuk mengurangi emisi karbon dan efek gas rumah kaca di sektor pelabuhan. 

Dari sisi emisi gas buang kapal, layanan OPS mampu memberikan pengurangan emisi (gram) di pelabuhan/terminal 75-93 persen yang dihasilkan kapal ketika sandar. 

‘’Sebagai informasi, pengurangan emisi gas buang oleh kapal sangat ditentukan oleh kategori mesin serta tahun pembuatan mesin bantu kapal, sehingga nilai efisiensi di masing-masing terminal bisa berbeda bergantung dari kapal yang sandar,” ujarnya.

Pelindo Jasa Maritim menggandeng PT Solusi Teknologi Samudera untuk melakukan dekarbonisasi pelabuhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News