Gandeng Uncen dan ITS, Kemensos Inisiasi Produksi Kapal Cepat untuk Masyarakat Papua

Gandeng Uncen dan ITS, Kemensos Inisiasi Produksi Kapal Cepat untuk Masyarakat Papua
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan untuk masyarakat Papua saat berkunjung ke kampus Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih, Jumat (12/11). Foto: Kemensos

jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi kampus Fakultas Teknik Universitas Cendrawasih untuk memastikan penyelesaian pengerjaan kapal cepat.

Kapal jenis speedboat tersebut merupakan hasil karya pemuda Papua yang mendapatkan pembinaan para ahli dari Universitas Cendrawasih (Uncen) dan Institut Sepuluh November Surabaya (ITS).

Kolaborasi dua kampus ini tidak lepas dari inisiasi Mensos Risma untuk meningkatkan aksesibilitas dan perputaran ekonomi masyarakat setempat.

"Selama ini dari Mamberamo ke Sentani membutuhkan waktu 2 hari, karena kondisi sungai yang berkelok-kelok. Dengan kapal ini diharapkan bisa lebih cepat," kata Mensos Risma di Kampus Teknik Uncen Jayapura (12/11).

Hadir dalam kesempatan tersebut Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Rektor Uncen Apolo Safanpo, dan tim pembuat kapal.

Mensos Risma dan Menko Muhadjir menyaksikan pembuatan kapal yang sudah hampir selesai di halaman belakang kampus. Pada tahap awal, kapal diproduksi sebanyak 6 unit.

"Satu kapal untuk keperluan menjemput anak sekolah. Lima unit lainnya untuk dikelola Yayasan Kristen Indonesia di Papua," kata mantan Wali Kota Surabaya itu.

Pembuatan kapal juga atas dasar permintaan masyarakat dan tokoh lokal.

Mensos Risma menginisiasi produksi kapal cepat untuk masyarakat Papua dengan menggandeng Uncen dan ITS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News