Ganja Picu Kanker Testis

Ganja Picu Kanker Testis
Ganja Picu Kanker Testis
SEATTLE - Penyakit mematikan yang mengintai di balik kenikmatan ganja makin banyak. Temuan terbaru peneliti Amerika Serikat (AS) yang dipublikasikan di jurnal Cancer menyebutkan, kebiasaan mengisap daun jahanam itu dapat mengakibatkan kanker testis. Hiii.. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengonsumsi ganja dalam jangka panjang bisa menciutkan beberapa bagian penting organ otak serta memperburuk kualitas mental.

Peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle itu menyatakan, riset intensif terhadap 369 penderita kanker testis di sekitar Seattle tersebut mengungkap bahwa penyakit itu tumbuh akibat kebiasaan mengisap ganja. Usia para penderitanya masih produktif, 18 hingga 44 tahun. ''Mengisap ganja sama artinya dengan memberikan peluang bagi masuknya penyakit berbahaya di masa depan,'' kata Dr Stephen Schwartz, ketua tim peneliti, seperti dilansir BBC kemarin (9/2).

Mereka yang pernah mengisap ganja saja berisiko 70 persen terserang kanker testis. Bagi yang rutin mengisap ganja, apalagi sejak usia belia, risiko lebih parah dua kali lipat daripada mereka yang tak pernah melinting ganja.

Ternyata, bahaya tersebut disebabkan ganja mampu mengacaukan nonseminoma. Yaitu, zat kimia produksi tubuh yang berfungsi sebagai pelindung untuk melawan kanker. Menurut Schwartz, kanker testis merebak di negara-negara seperti AS, Eropa, Kanada, Australia, dan Selandia Baru sejak 1950-an, seiring dengan makin pesatnya peredaran ganja di negara-negara tersebut. (ape/ami)

SEATTLE - Penyakit mematikan yang mengintai di balik kenikmatan ganja makin banyak. Temuan terbaru peneliti Amerika Serikat (AS) yang dipublikasikan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News