Jika Jadi Presiden, Ganjar Bakal Putihkan Utang Nelayan

Jika Jadi Presiden, Ganjar Bakal Putihkan Utang Nelayan
Calon presiden nomor urut tiga pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo siap memutihkan kredit macet para nelayan. Dok: tim media GP.

jpnn.com, BOGOR - Capres nomor urut tiga pada Pemilu 2024 Ganjar Pranowo bakal memutihkan kredit macet seluruh nelayan di Indonesia.

Langkah afirmatif itu penting dilakukan agar nelayan lebih produktif dan makin sejahtera.

Ganjar menyampaikan itu di hadapan para akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam acara Food & Agriculture Summit III di IPB International Convention Center Bogor, Selasa (19/12).

Hadir dalam acara itu, antara lain, Rektor dan Wakil Rektor IPB, para guru besar, dosen, alumni serta civitas akademika IPB lainnya.

"Kalau ingin nelayan sejahtera, maka negara harus hadir agar mereka lebih produktif. Selain pelatihan, pendampingan dan pemberian bantuan alat tangkap atau solar subsidi, satu hal yang bisa dilakukan adalah pemutihan kredit macet para nelayan," kata Ganjar.

Ganjar menyebut banyak nelayan yang tidak bisa menikmati hasil jerih payahnya dari melaut karena memiliki tanggungan. Dari data yang dihimpun, ada sekitar 8,25 kredit macet di Indonesia berasal dari sektor perikanan.

"Jumlahnya tidak banyak, sekitar Rp186 miliar. Maka sangat mungkin, kredit nelayan yang macet itu kita hapuskan saja, agar mereka terbantu dan lebih produktif. Setelah itu kita bina dan dampingi mereka," ucapnya.

Maka di sinilah lanjut Ganjar, peran data sangat penting. Satu data Indonesia termasuk di dalamnya data petani dan nelayan harus diwujudkan agar program ini bisa dilaksanakan dengan baik.

Ganjar Pranowo bakal memutihkan utang dan kredit macet nelayan ketika terpilih menjadi Presiden Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News