Ganjar Beri Solusi Jawab Keluh Kesah Nelayan dan Petani di Sumut

Ganjar Beri Solusi Jawab Keluh Kesah Nelayan dan Petani di Sumut
Calon Presiden Ganjar Pranowo saat menghadiri Hajatan Rakyat di Lapangan Astaka Kota Medan Sumatera Utara, Minggu (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

jpnn.com - MEDAN - Calon Presiden Pemilu 2024 Ganjar Pranowo menerima keluh kesah masyarakat nelayan yang ada di Sumatera Utara saat menggelar kampanye akbar di hari ke-61.

Menurut capres nomor urut 3 yang berpasangan dengan cawapres Mahfud MD ini, para nelayan mengeluhkan masalah kehidupan sehari-hari.

Para nelayan menginginkan agar pemerintah membantu nelayan sehingga dapat meningkatkan pendapatan agar nasibnya terbebas dari kemiskinan.

"Saya tadi mendarat, langsung datang ke kampung nelayan bertemu para nelayan dan mereka bercerita kondisinya. Ada yang disampaikan kepada saya, satu terkait bagaimana meningkatkan pendapatan dan nasib yang lebih baik karena yang lain agak mundur," ujar Ganjar di Lapangan Astaka Kota Medan, Minggu (28/1).

Dalam dialog tersebut, kata dia, ada sejumlah nelayan yang menginginkan komoditas di Sumut seperti ikan teri Medan dapat diekspor ke berbagai negara.

"Mereka butuh bantuan bahwa ada produk yang luar biasa, yaitu teri Medan. Itu makanan paling enak, kesukaan saya. Mereka berharap ini akan bisa dikembangkan tidak hanya skala nasional, tetapi sampai ekspor. Sesuatu yang menjadi harapan, artinya pendampingan terhadap mereka penting," kata Ganjar.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan produk tersebut agar bisa menembus pasar dunia.

"Yang pertama adalah peralatan yang memadai, kedua akses permodalan dan ketiga jaminan pasar dan itu kami usahakan," katanya.

Capres Pemilu 2024 Ganjar Pranowo memberi solusi untuk menjawab keluh kesah para nelayan dan petani di Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News