Ganjar Berkomitmen Hadirkan Layanan Mental Health di Kampus dan Puskesmas

Ganjar Berkomitmen Hadirkan Layanan Mental Health di Kampus dan Puskesmas
Ganjar Pranowo memaparkan visi dan misinya terkait isu mental health saat berdiskusi dengan ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang tergabung dalam perwakilan BEM Nusantara di Universitas Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu (23/9). Foto: dok pribadi

jpnn.com, SURABAYA - Kesehatan mental atau mental health adalah salah satu isu yang mendapat perhatian besar dari bakal capres Ganjar Pranowo.

Dalam beberapa kesempatan, politikus PDIP itu menekankan tentang pentingnya negara hadir untuk para penderita, terutama kalangan muda.

Visi tersebut kembali dipaparkannya saat berdiskusi dengan ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang tergabung dalam perwakilan BEM Nusantara di Universitas Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu (23/9).

Menurut Ganjar, negara harus menjadikan isu mental health bagian dari upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Menghadapi bonus demografi, hal yang tidak boleh dilupakan adalah persoalan kesehatan mental. Ini persoalan yang sangat penting diselesaikan, tapi masih banyak yang belum peduli soal ini," kata Ganjar.

Padahal, lanjut dia, data menunjukkan 16,5 juta anak muda di Indonesia mengalami masalah mental

Bahkan, 2,45 juta lainnya sudah mengalami gangguan mental dan harus menjalani perawatan.

"Jangan salah lho, ini persoalan serius. Saya ketemu dengan anak-anak yang berpengalaman soal ini. Mereka cerita, banyak lho yang sampai bunuh diri, memakai narkoba dan lainnya," ucapnya.

Bagi capres Ganjar Pranowo, menangani masalah kesehatan mental atau mental health adalah bagian penting dari upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News