Ganjar Berkomitmen Hadirkan Sekolah Gratis se-Indonesia Seperti di Jawa Tengah

Ganjar Berkomitmen Hadirkan Sekolah Gratis se-Indonesia Seperti di Jawa Tengah
Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, JAKARTA - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo berkomitmen untuk menghadirkan sekolah gratis se-Indonesia untuk masyarakat yang kurang mampu. Hal itu telah dilakukan Ganjar ketika menjabat gubernur Jawa Tengah (Jateng) dua periode.

Ganjar ketika menjadi gubernur Jateng telah membuat sekolah berbasis boarding secara gratis alias tidak dipungut biaya untuk masyarakat kurang mampu.

Bahkan para siswa mendapatkan seragam, sepatu, asrama dan makan. Sekolah ini juga mampu menghubungkan dan membuat kerjasama ke perusahaan atau industri untuk penyerapan tenaga kerja.

"Saya hanya ingin menyampaikan kepada masyarakat luas, bagaimana akses pendidikan itu lebih mudah, dan bagaimana, mohon maaf ini, keluarga tidak mampu bisa mendapatkan (pendidikan) dengan skala prioritas," kata Ganjar dalam siaran persnya, Jumat (22/9).

Ganjar menyampaikan hal itu seusai mendapatkan penghargaan sebagai 'Tokoh Pendongkrak Kualitas Pendidikan Keluarga Miskin'.

Ganjar menganggap bahwa sekolah gratis adalah bagian integral dari upaya mempermudah akses pendidikan, yang terbukti meningkatkan taraf hidup masyarakat secara keseluruhan, serta dalam jangka panjang dapat menuntaskan kemiskinan.

Selain itu, Ganjar juga mengungkapkan kekhawatiran tentang ketidakmerataan infrastruktur dan akses pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Menurut Ganjar, setiap daerah harus memiliki akses pendidikan yang merata dan mudah dijangkau.

"Maka inilah yang mesti dikebut, sehingga nantinya mereka semua bisa mendapatkan akses pendidikan yang sangat mudah," ujar mantan anggota DPR itu.

Bakal capres 2024 Ganjar Pranowo berkomitmen menghadirkan sekolah gratis di seluruh Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News