Ganjar Berpesan ke Kades: Genjot Penurunan Stunting, Kemiskinan Ekstrem hingga Optimalisasi Anggaran

Ganjar Berpesan ke Kades: Genjot Penurunan Stunting, Kemiskinan Ekstrem hingga Optimalisasi Anggaran
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Silaturahmi Akbar bersama Forum Kepala Desa dan Perangkat Desa (FKPD) Dipayudha di Hotel Fox, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Selasa (30/5) siang. Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com - BANJARNEGARA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggenjot percepatan penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dengan menggerakkan kepala desa.

Ganjar juga mengupayakan optimalisasi anggaran desa dengan Inpres yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur desa.

Ganjar menyampaikan itu dalam Silaturahmi Akbar bersama Forum Kepala Desa dan Perangkat Desa (FKPD) Dipayudha di Hotel Fox, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Selasa (30/5) siang.

"Kami memberikan pesan ada target penurunan stunting, kemiskinan ekstrem mesti kita kejar. Tentu inline dengan masa jabatan saya yang berakhir 5 September ini, kita genjot," kata Ganjar seusai acara.

Ganjar menyebutkan penggejotan penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dari tingkat desa lantaran kades beserta perangkatnya telah menelurkan banyak program dan inovasi.

Hal itu dikarenakan kades menjadi ujung tombak pemerintahan di tingkat terkecil, sehingga kontrol daerah yang dilakukan jauh lebih mudah dan mencakup seluruh warganya.

"Saya mengapresiasi karena banyak desa yang punya inovasi di tingkat desa. Apakah tata kelolanya, apakah fasilitas desa termasuk BUMDes-nya, kerja sama antardesa, ini pengalaman yang mesti kita kawal," ungkap Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar juga mendorong kades membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan bantuan yang digelontorkan ke desa.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berpesan kepada para kades agar menggenjot penurunan stunting, kemiskinan ekstrem, hingga melakukan optimalisasi anggaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News