Ganjar Diprediksi Bakal Panen Suara Milenial & Gen Z Penyuka Pemerintahan Jokowi

Ganjar Diprediksi Bakal Panen Suara Milenial & Gen Z Penyuka Pemerintahan Jokowi
Bakal capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo seusai mengisi Kuliah Kebangsaan di FISIP Universitas Indonesia (UI), Senin (18/9). Foto: Instagram/ganjar_pranowo

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad memprediksi mayoritas kalangan generasi Z atau gen Z dan milenial pada Pilpres 2024 lebih memilih Ganjar Pranowo.

Menurut Saidiman, pilihan tersebut juga didasari penilaian kalangan yang sering disebut dengan Zilenial itu atas kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Karena mereka (kelompok milenial dan gen Z, red) mengapresiasi pemerintah, maka aspirasi politiknya juga lebih ke Ganjar, karena Ganjar dianggap sebagai bagian kelanjutan Pak Jokowi. Konsisten itu," kata Saidiman sebagaimana diberitakan Antara, Selasa (19/9).

Generasi milenial atau Gen Y lahir pada 1981-1996. Adapun gen Z merupakan generasi yang lahir pada periode 1997-2012.

Lebih lanjut Saidiman mengutip hasil survei SMRC tentang kalangan gen Z dan milenial -yang jika dibandingkan generasi di atasnya-
lebih mengapresiasi kinerja pemerintahan saat ini.

Saidiman menuturkan hasil studi SMRC menunjukkan generasi muda tidak apatis terhadap politik, sehingga bisa mengetahui sosok yang bisa melanjutkan pembangunan Jokowi.

"Justru, kalangan muda lebih apresiatif terhadap pembangunan dan tahu siapa tokoh yang bisa melanjutkan pembangunan, dan sekarang muncul dalam sosok Ganjar Pranowo," kata Saidiman.

Alumnus Crawford School of Public Policy, Australian National University (ANU), itu menyebut kalangan milenial lebih rasional dalam menilai  kinerja pemerintah.

Saidiman Ahmad dari SMRC berpendapat kalangan milenial dan gen Z yang mengapresiasi kinerja pemerintahan Presiden Jokowi bakal lebih sreg memilih Ganjar.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News