Ganjar-Mahfud Harus Kerja Intens Meyakinkan Pemilih Muda dan Gen Z

Ganjar-Mahfud Harus Kerja Intens Meyakinkan Pemilih Muda dan Gen Z
Capres dan Cawapres 2024 yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Foto: Dok. DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi menilai pasangan capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD sangat mungkin meraih dukungan mayoritas anak muda.

Menurutnya, hal itu bisa terwujud bila program Ganjar-Mahfud benar-benar mampu meyakinkan generasi muda.

"Perlu kerja-kerja politik yang intens untuk meyakinkan pemilih dari kalangan kaum muda. Ini soal mampu atau tidak membangun pesan. Biasanya pemilih muda ini sangat visioner dan cenderung melihat hal-hal yang bersifat rasional dan proven," kata Ade.

Menurut Ade, Ganjar-Mahfud harus punya visi-misi yang sejalan dengan kebutuhan kaum muda dan bisa diterjemahkan menjadi program-program yang terukur dan rasional.

Ganjar-Mahfud juga perlu merancang program yang orientasinya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya bagi kaum muda.

Beberapa waktu lalu, saat menghadiri deklarasi kaum muda, Ganjar menyampaikan keinginannya melamar seluruh pemuda Indonesia untuk bergabung bersama Ganjar-Mahfud demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

Menurut Ade, lamaran itu merupakan penanda bahwa Ganjar-Mahfud menyadari pentingnya memenangkan dukungan kaum muda.

"Pemilih muda ada lebih dari 52%. Ini menunjukan keseriusan mereka untuk menggarap segmentasi dari pemuda sebagai basis potensial yang memiliki kontribusi besar dari perolehan suara mereka," ujar Ade.

Ganjar-Mahfud harus punya visi-misi yang sejalan dengan kebutuhan kaum muda dan bisa diterjemahkan menjadi program-program yang terukur dan rasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News