Ganjar Milenial Melatih Anak Muda Banten Untuk Budi Daya Ikan Lele

Ganjar Milenial Melatih Anak Muda Banten Untuk Budi Daya Ikan Lele
Kegiatan pelatihan budi daya ikan lele diadakan Ganjar Milenial Center. Dok: sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, PANDEGLANG - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar pelatihan cara budi daya ikan lele bersama BEM Setia dan Organisasi Masyarakat Banten.

Kegiatan tersebut dilakukan di Kampung Cicadas, Desa Kalanganyar, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Banten, Sabtu (10/6).

Koordinator Wilayah Banten Cucu Komarudin mengatakan kegiatan pelatihan budi daya ikan lele itu dilakukan untuk bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar yang berkualitas, sekaligus mencipatkan lapangan pekerjaan.

Menurut dia, kegiatan itu dilaksanakan hasil permintaan anak muda sekitar yang menginginkan desa mereka dikenal sebagai penghasil ikan lele.

"Ini diusulkan oleh para pemuda dan milenial kepada GMC untuk menjadikan desa perternakan. Kegiatan ini untuk mempererat talisilaturahmi dengan masyarakat dan mahasiswa," kata Cucu di lokasi.

Dalam kegiatan tersebut, Cucu menjelaskan ada sejumlah yang harus dipersiapkan mulai dari kolam, lahan, air hingga penyebaran bibit ikan.

Tujuannya, agar ikan lele bisa berkembang dengan baik. Pasalnya, dalam budi daya ikan lele boleh bisa sembarangan, butuh proses yang cukup panjang agar bisa memanen ikan tersebut.

"Butuh proses yang cukup panjang yang pertama, yaitu penyiapan lahan dan penyebaran bibit, dari penyiapan lahan ke penyebaran bibit membutuhkan empat hari penyeterilan air," ungkap Cucu.

Sukarelawan Ganjar Milenial Center mengadakan kegiatan pelatihan budi daya ikan lele bersama anak muda di Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News