Ganjar Pengin Kopi Temanggung Bisa Kuasai Pasar Internasional

Ganjar Pengin Kopi Temanggung Bisa Kuasai Pasar Internasional
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika meminum kopi bersama warga di Temanggung. Dok: tim media Ganjar.

jpnn.com, TEMANGGUNG - Percepatan penurunan kemiskinan ekstrem terus digenjot Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sambil ngopi bareng warga Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Ganjar menyerap aspirasi secara langsung.

Desa Muncar yang mayoritas penduduknya petani kopi, didorong Ganjar untuk mengembangkan hasil pertaniannya menjadi produk kopi yang mampu diekspor ke luar negeri.

Sebab, kopi Muncar adalah salah satu kopi terbaik dari Temanggung dan sering menjadi juara lomba kopi tingkat nasional.

"Temanggung ini ada dua komoditas yang bagus, satu tembakau, kedua kopi. Hari ini kami bicara kopi di Temanggung. Kopinya ini sering dilombakan, bahkan banyak yang juara," ujar Ganjar dalam siaran persnya, Jumat (28/7).

Pengembangan produk kopi dilakukan Ganjar mulai dari tingkat petani, alat dan mesin pertanian (alsintan) yang digunakan, pengolahan hasil pertanian, hingga pemasaran dan cara penjualan produk kopi.

Untuk kopi muncar, Ganjar menyebut pengemasannya sudah bagus dan menarik. Hanya perlu dikembangkan lagi untuk cara pemasarannya hingga dilirik konsumen dari luar negeri.

"Kalau ini didampingi produk kopinya ini, maka ini bisa sampai diekspor. Kalau saya lihat desain packagingnya sudah bagus sekali dan itu dikerjakan oleh anak-anak sini yang hebat," kata Ganjar.

Adapun harga kopi robusta dan arabika dunia sedang tinggi lantaran dipengaruhi oleh kebutuhan kopi dunia yang terus meningkat. Hal itu membuat harga jual di tingkat petani pun ikut naik.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan agar kopi yang berasal dari daerah Temanggung bisa menguasai pasar internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News