Ganjar: Peran Ulama Dibutuhkan dalam Membangun Indonesia

Ganjar: Peran Ulama Dibutuhkan dalam Membangun Indonesia
Bakal capres Ganjar Pranowo sowan ke kediaman KH Luqman Hakim dan KH Djardjis Al Ishaqi di Surabaya, Jumat (22/9). Foto: dok pribadi

jpnn.com, SURABAYA - Bakal calon presiden 2024, Ganjar Pranowo akan membutuhkan dukungan para tokoh agama jika kelak dipercaya memimpin negeri.

Bagi dia, ulama dan dan pemimpin agama lainnya punya  peran penting dalam kesuksesan seorang pemimpin.

Selama dua periode memimpin Jawa Tengah, Ganjar sering meminta bantuan tokoh agama ketika berhadapan dengan persoalan rumit. 

"Saya selalu bertanya pertama pada tokoh agama dan ulama. Mereka selalu memberikan masukan yang menyejukkan dan itu menyelesaikan persoalan," kata Ganjar seusai sowan ke KH Luqman Hakim dan KH Djardjis Al Ishaqi di Surabaya, Jumat (22/9).

Cara ini, lanjut Ganjar, sangat efektif membantu tugas-tugasnya sebagai gubernur.

Karena itu, dia akan tetap menerapkannya di Istana Negara nanti.

"Para ulama dan tokoh agama itu banyak memberikan petuah dan masukan dengan cara yang menyejukkan. Dan ketika berkaitan dengan kemasyarakatan, dengan melibatkan para ulama dan tokoh agama ini, keteduhan muncul. Masyarakat merasa tenang," jelasnya.

Pengalaman di Jateng, lanjut Ganjar, pelibatan ulama dan tokoh agama juga memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat.

Bagi Ganjar, ulama dan dan pemimpin agama lainnya punya peran penting dalam kesuksesan seorang pemimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News