Ganjar Pernah Ingatkan Legislator PPP Tolak Rasuah e-KTP

Ganjar Pernah Ingatkan Legislator PPP Tolak Rasuah e-KTP
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjadi saksi dalam sidang dugaan korupsi E-KTP dengan tersangka Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/2/18). FOTO: FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Mantan anggota DPR Nu'man Abdul Hakim menyatakan bahwa dirinya pernah diminta oleh politikus PDI Perjuangan Ganjar Pranowo agar menolak segala pemberian yang terkait dengan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengungkapkan hal tersebut saat menjadi saksi pada persidangan terhadap Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi(Tipikor) Jakarta, Senin (12/2).

Nu’man memang pernah duduk di Komisi II DPR periode 2009-2014. Sedangkan Ganjar merupakan wakil ketua di komisi yang membidangi pemerintahan dalam negeri itu.

"Pak Ganjar pernah sampaikan, kalau ada yang nawarin apa pun dari e-KTP ini, Pak Nu'man jangan mau terima,” ujar Nu’man di kursi saksi menirukan pernyataan Ganjar.

Nu’man pun setuju dengan permintaan Ganjar. Sebab, dia tak mau berurusan dengan KPK.

“Saya bilang, ‘oh iya, sudah cukup saya diperiksa’. Itu (permintaan Ganjar, red) disampaikan sambil jalan saja," ujar Nu’man.

Lebih lanjut Nu’man mengatakan, dirinya saat menjadi wakil gubernur Jawa Barat periode 2003-2008 pernah punya pengalaman diperiksa KPK. Karena itu Nu’man juga sependapat dengan Ganjar.

"Dia (Ganjar, red) juga punya pengalaman pernah diperiksa saksi kasus (di KPK, red),” sambung Nu’man. "Pak Ganjar pernah ditekan keluarganya, kalau kamu jadi politisi jangan sampai diperiksa lagi.”

Jaksa penuntut umum (JPU) KPK lantas bertanya ke Nu’man soal kesaksian Ganjar yang mengaku pernah ditawari goodie bag berisi uang saat program e-KTP masih dibahas di Komisi II DPR. "Ganjar pernah bercerita ditawari goodie bag terkait e-KTP?" tanya jaksa kepada Nu'man.

Mantan anggota DPR Nu'man Abdul Hakim menyatakan bahwa dirinya pernah diminta oleh Ganjar Pranowo agar menolak segala pemberian segala pemberian terkait e-KTP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News