Ganjar Pranowo Pakai Baju Adat Jawa Barat di Upacara HUT ke-78 RI

Ganjar Pranowo Pakai Baju Adat Jawa Barat di Upacara HUT ke-78 RI
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan mengenakan baju adat Sunda jenis bedahan menyalami tamu undangan pada Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Kamis (17/8). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terlihat berpakaian adat Jawa Barat saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Kamis (17/8/2023).

Ganjar memakai baju adat Sunda jenis bedahan berwarna putih, lengkap dengan ikat kepala dan batik yang dililitkan di pinggang.

Emblem gubernur tampak terpasang pada bagian dada kanan baju itu. Di atasnya juga terdapat label nama atau name tag bertuliskan Ganjar Pranowo.

“Ini baju adat Jawa Barat," kata Ganjar.

Bakal capres untuk Pilpres 2024 itu menuturkan dirinya telah berencana mengenakan pakaian adat Sunda itu untuk memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Oleh karena itu, Ganjar pun mencari baju bedahan itu saat berkunjung ke wilayah Jabar.

Baju adat Sunda yang dikenakan Ganjar itu berbentuk seperti kemeja takwa dengan kerah seleher disertai kancing. Terdapat satu saku di bagian dada sebelah kiri.

Pada bagian bawah baju itu juga terdapat dua saku di sisi kiri dan kanan. Menurut Ganjar, desain bajunya itu terinspirasi dari sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengenakan baju adat Sunda jenis bedahan saat menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT ke-78 RI di Simpang Lima, Semarang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News