Ganjar Pranowo Punya Modal Sosial dan Politik Kuat untuk Merumuskan Kebijakan Luar Negeri

Ganjar Pranowo Punya Modal Sosial dan Politik Kuat untuk Merumuskan Kebijakan Luar Negeri
Bacapres 2024 Ganjar Pranowo menjadi idaman para gen Z. Dok: Source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Komunikolog Emrus Sihombing meyakini bacapres Ganjar Pranowo punya keberanian membuat kebijakan luar negeri Indonesia untuk menjaga dan mewujudkan perdamaian dunia.

Dia mengatakan Ganjar Pranowo bisa menjaga posisi Indonesia berperan menghapus segala bentuk penjajahan di muka bumi.

"Ganjar Pranowo memiliki kepemimpinan pluralis sehingga menjadi modal sosial dan politik baginya untuk mengambil kebijakan luar negeri kita yang menolak segala bentuk penjajahan di muka bumi," kata Emrus.

Pernyataan Emrus berkaitan perang Israel dengan Palestina yang memakan banyak korban.

Menurut Emrus, sampai saat ini belum ada ahli politik, komunikasi politik, huhungan internasional dan perdamaian yang memperkirakan kapan konflik Israel-Palestina berakhir.

Banyak yang menyebut konflik Israel-Palestina sebagai produk hubungan historikal. Pandangan itu bisa jadi ada benarnya. Namun, kata Emrus, jika terus berkaca kepada hubungan historikal sebagai pemicu perang, sulit ada titik temu menuju kesepakatan perdamaian yang permanen antara Israel-Palestina.

Menurut Emrus, untuk menyudahi konflik Israel-Palestina ada dua skema. Pertama, Israel-Palestina mengedepankan kebersamaan dan kemajuan bersama sebagai negara bertetangga.

"Jangan tergoda pengaruh negara lain. Untuk itu, memandang sejarah hubungan kedua negara sebagai catatan masa lalu, bahan evaluasi dan pijakan untuk memperbaiki relasi masa kini dan ke masa depan," ujar dia.

Ganjar Pranowo memiliki kepemimpinan pluralis sehingga menjadi modal sosial dan politik baginya untuk mengambil kebijakan luar negeri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News