Hari Pers Nasional

Ganjar Pranowo Tersentak Mendengar Ada yang Berhenti Terbit

Ganjar Pranowo Tersentak Mendengar Ada yang Berhenti Terbit
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tersentak saat mendengar Koran Tempo menghentikan penerbitan versi cetak saat pandemi COVID-19.

Saat ini, Koran Tempo fokus dalam pengembangan di sektor digital.

"Tiba-tiba saya kaget mendengar Koran Tempo setop versi cetak, beralih ke digital," kata Ganjar secara virtual pada Konvensi Nasional Media Massa dalam rangka Hari Pers Nasional 2021 di Jakarta, Senin (8/2).

Ganjar memang menyadari pandemi mengakibatkan banyak media cetak yang tidak beroperasi.

Namun tetap saja politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu tidak menyangka media massa besar seperti Koran Tempo turut kena dampaknya.

"Dengan membaca ini saya terkaget-kaget, wow, (membaca Koran Tempo tutup versi cetak, red) koran dengan pengalaman nama besar ternyata tidak cukup mudah untuk bisa survive dalam kondisi disrupsi ini," ucap dia.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menyebut pandemi COVID-19 memaksa media massa atau pers untuk bertransformasi dan beradaptasi ke ranah digital. Terlebih perkembangan teknologi makin masif selama pandemi.

"Saat ini pers didorong untuk turut bertransformasi dan beradaptasi dengan pesatnya perkembangan teknologi dan dampak dari COVID-19," kata Johnny.

Ganjar Pranowo terkaget-kaget. Wow, dengan nama besar pun ternyata tidak mudah bertahan dalam kondisi disrupsi ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News