Ganjar Pranowo Unggul Signifikan, Kalahkan Anies dan Prabowo

Ganjar Pranowo Unggul Signifikan, Kalahkan Anies dan Prabowo
Elektabilitas Ganjar Pranowo menguat menurut hasil survei SMRC. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) kembali merilis hasil survei tentang tren elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) 2024.

Hasilnya, nama Ganjar Pranowo berada di posisi teratas mengungguli pesaing terdekatnya, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan survei itu dilakukan pada 3-11 Desember 2022.

Dari 45 nama yang disajikan kepada responden, Ganjar mendapatkan suara tertinggi dengan 26,5 persen, diikuti Anies Baswedan 18,6 persen dan Prabowo Subianto 16,8 persen.

"Dalam format pertanyaan semi terbuka 45 nama, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 26,5 persen, disusul Anies Baswedan 18,6 persen, Prabowo Subianto 16,8 persen, Ridwan Kamil 6 persen dan nama-nama lain dibawah 3 persen. Yang belum tahun 14,4 persen," jelas Deni pada Selasa (20/12).

Untuk pilihan tiga nama bakal calon presiden, Ganjar Pranowo kembali mendapatkan dukungan tertinggi yakni 42,6 persen, unggul signifikan dari Anies dengan suara 28,5 persen dan Prabowo yang hanya 22,9 persen.

Hal itu, kata Deni, menunjukkan tingkat tahu dan kesukaan masyarakat terhadap Ganjar Pranowo terus mengalami peningkatan tiap bulan dan dari tahun ke tahun.

Sementara Anies masih turun naik dan nama Prabowo mengalami penurunan.

Nama Ganjar Pranowo berada di posisi teratas mengungguli pesaing terdekatnya, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News