Ganjar Tak Akan Biarkan Jakarta Tenggelam Meski Ibu Kota Pindah ke Kalimantan

Ganjar Tak Akan Biarkan Jakarta Tenggelam Meski Ibu Kota Pindah ke Kalimantan
Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, BANDUNG - Bacapres 2024 Ganjar Pranowo memastikan dirinya tidak akan membiarkan Jakarta nantinya tenggelam setelah pemerintah memintahkan ibu kota negara ke Kalimantan.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar ketika menjawab pertanyaan salah satu mahasiswa Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Pada momen tersebut, Ganjar hadir memenuhi undangan sebagai pembicara kuliah umum, Rabu (11/10).

"Pak, katanya ibu kota mau pindah ke Kalimantan ya. Kalau Bapak jadi Presiden, kan nanti di sana. Terus Jakarta bagaimana nasibnya? Apakah tidak akan diperhatikan dan dibiarkan tenggelam?" tanya Desy, salah satu mahasiswa ke Ganjar.

Sontak saja pertanyaan itu membuat mahasiswa tertawa. Namun, Ganjar mengapresiasi Desy yang bertanya atas kegelisahannya selama ini.

"Mungkin ini tidak hanya jadi kegelisahan Desy lho ya, tetapi beberapa masyarakat lain di Indonesia. Tenang Desy, meskipun ibu kota pindah ke Kalimantan, Jakarta tentu saja tidak akan ditinggalkan," kata Ganjar.

Ganjar menyebut Ibu Kota Nusantara merupakan keputusan yang sudah ditetapkan pemerintah dan DPR. Maka, tugas selanjutnya adalah melanjutkan dan merencanakan dengan baik.

"Pertanyaannya sekarang begini, apakah ketika ibu kota di Jakarta, daerah lain ditinggalkan? Kan tidak. Pak Jokowi membangun semua daerah, tol trans Sumatera dibangun, trans Papua dibangun dan lainnya," kata Ganjar di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir.

Bacapres 2024 Ganjar Pranowo mengatakan dirinya tidak akan membiarkan Jakarta tenggelam ketika ibu kota negara pindah ke Kalimantan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News