Ganjar Takalar Adakan Praktik Penyembelihan Hewan Kurban

Ganjar Takalar Adakan Praktik Penyembelihan Hewan Kurban
Sukarelawan GP Takalar mengadakan praktik penyembelihan hewan kurban. Dok Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, TAKALAR - Gerakan Panrannuangku (GP) Takalar Dukung Ganjar merayakan Iduladha 1444 H dengan menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam di Kelurahan Sabintang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bukan hanya itu, para peserta pelatihan tersebut langsung mempraktikkannya dengan menyembelih seekor sapi pemberian sukarelawan Ganjar Takalar ini untuk dikurbankan. Kemudian, dagingnya disalurkan kepada masyarakat sekitar.

Koordinator Wilayah Gerakan Panrannuangku Takalar Daeng Bella mengatakan pelatihan penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam ini digelar agar masyarakat bisa memahami teknik penyembelihan sesuai syariat Islam.

"Materi yang kami sampaikan mulai dari penjelasan tentang rukun hingga syarat penyembelihan hewan kurban. Kemudian, teknik penyembelihan, penyebutan selawat, sampai memperlakukan hewan kurban ketika dipotong," kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (1/7).

Menurut pria yang akrab disapa Ibel tersebut, dengan adanya pelatihan dan praktik penyembelihan hewan kurban ini, masyarakat Takalar lebih mendalami makna Iduladha. Contohnya, pentingnya berbagi kepada masyarakat kecil dan meresapi hikmah berkurban.

"Pemaknaan kurban bagi masyarakat Takalar sebenarnya adalah bagaimana masyarakat menjiwai pentingnya berbagi seperti saat ini kami menyediakan sapi untuk dikurbankan dan dagingnya dibagikan secara merata supaya masyarakat kecil bisa merasakan hikmah berkurban dengan pembagian daging ini," ujarnya.

Ibel berharap setelah adanya kegiatan ini, masyarakat Takalar bisa menyembelih hewan secara mandiri sesuai syariat Islam. Dengan begitu, muncul spirit untuk terus menyiarkan nilai-nilai keislaman di wilayah ini.

"Mudah-mudahan setelah pelatihan kurban ini, masyarakat Takalar bisa paham secara detail bahwa makna kurban sebenarnya apa, cara penyembelihan yang sesuai syariat bagaimana, kemudian masyarakat punya spirit atas pentingnya berkurban bagi umat Islam," katanya.

Sukarelawan GP Takalar menggelar pelatihan penyembelihan hewan kurban bersama masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News