Ganjar Ziarahi Makam Mbah Dalhar Untuk Belajar Cara Mencintai Indonesia

Ganjar Ziarahi Makam Mbah Dalhar Untuk Belajar Cara Mencintai Indonesia
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ketika melakukan ziarah ke makam Mbah Dalhar. Dok: Tim media Ganjar.

jpnn.com, MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makam ulama, wali, dan juga sesepuh masyarakat Jateng, KH Nahrowi Dalhar bin Abdurrahman atau Mbah Dalhar.

Makam aulia tersebut berada di Kompleks Pemakaman Raden Santri, Dusun Karaharjan, Desa Gunungpring, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Dalam momen ziarahnya itu Ganjar belajar bagaimana mencintai bangsa Indonesia. Pasalnya, Mbah Dalhar merupakan ulama pejuang kemerdekaan yang bergeriliya di tahun 1800-an akhir hingga awal 1900-an.

Ayah almarhum, Kiai Abdurrauf bin Hasan Tuqo, merupakan salah satu orang yang membantu perjuangan Pangeran Diponegoro pada Perang Jawa.

“Mudah-mudahan kita generasi berikutnya bisa belajar dari beliau bagaimana mencintai bangsa ini,” kata Ganjar dalam siaran persnya, Rabu (16/8).

Ganjar mengagumi sosok Mbah Dalhar dan para ulama lain yang telah mendedikasikan hidupnya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat di Jateng kala itu.

Tak hanya itu, Ganjar mengatakan Mbah Dalhar telah mencontohkan bagaimana seharusnya pemimpin bersikap. Yakni melalui pendirian kuat, tegas, dan tidak pernah ragu dalam kebaikan.

“Bagaimana bersikap, tegas tidak pernah ragu, dan mengajarkan ilmu agamanya untuk masyarakat demi kebaikan-kebaikan. Luar biasa,” kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menziarahi makam KH Nahrowi Dalhar bin Abdurrahman atau Mbah Dalhar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News