Ganjaran Berjuang: Buruh Nelayan Harus Mampu Jadi Tonggak Kedaulatan Pangan Bangsa

Ganjaran Berjuang: Buruh Nelayan Harus Mampu Jadi Tonggak Kedaulatan Pangan Bangsa
Ganjaran Buruh Berjuang mengadakan karnaval budaya di Cirebon. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) optimistis para nelayan mampu menciptakan kedaulatan pangan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto saat perhelatan Karnaval Budaya Cirebonan yang digelar bersama warga di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (7/10).

Desa Mertasinga merupakan satu-satunya kawasan di Kabupaten Cirebon yang memiliki tempat pelelangan ikan (TPI) yang masih aktif digerakkan oleh para buruh nelayan se-Cirebon Raya.

Sambil menyosialisasikan visi-misi dan program-program Capres 2024 yang diusung yakni Ganjar Pranowo, GBB merangkul para buruh nelayan untuk bersama-sama mewujudukan ketahanan pangan menuju Indonesia Emas 2045.

"Selaras dengan gagasan-gagasan kedaulatan pangan yang diusung Bapak Ganjar Pranowo, kebetulan di Kampung Mertasinga ini adalah satu-satunya TPI aktif di Kabupaten Cirebon. Pelelangan ikan, sumber daya ikan ini juga bagian dari ketahanan pangan," ujar Ferry dalam siaran persnya.

Sukarelawan GBB berupaya merangkul 17 ribu buruh nelayan yang ada di Cirebon Raya. Mereka menyerap aspirasi dari para buruh nelayan secara langsung dengan mendatangi perkampungan buruh nelayan itu.

Harapannya dari aspirasi yang tertampung tersebut, bentuk konkret sekaligus implementasi untuk menyejahterakan para buruh nelayan dapat dilakukan, ketika Ganjar Pranowo mengisi kursi kepresidenan di tahun 2024-2029 mendatang.

Salah satunya, kata Ferry, dengan mewujudkan bantuan peralatan perikanan dan kelautan berteknologi tinggi yang diperlukan buruh nelayan di Cirebon Raya untuk mengoptimalkan produktivitas dan hasil olahan mereka, sehingga ketahanan pangan bisa dilakukan secara sektoral dari buruh nelayan.

Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang berharap para nelayan mampu menjadi tonggak kedaulatan pangan bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News