Ganjaran Buruh Berjuang Menjembatani Kepentingan Pekerja dan Pengusaha

Ganjaran Buruh Berjuang Menjembatani Kepentingan Pekerja dan Pengusaha
Ganjaran Buruh Berjuang saat menggelar forum musyawarah hubungan industrial. Dok GBB.

jpnn.com, PEKALONGAN - Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) menggelar Forum Musyawarah Hubungan Industrial bersama manajemen, HRD perusahaan, dan serikat pekerja.

Dalam forum musyawarah yang diadakan di di Ballroom The Sidji Hotel, Kota Pekalongan itu, para pihak saling menyampaikan aspirasi, gagasan untuk saling menguatkan hubungan industrial di masa mendatang.

"Inspirasi dan ide-ide yang bagus dari para belah pihak untuk bagaimana konsep hubungan industrial itu bisa diterapkan di Indonesia dengan lebih baik lagi," ujar Ketua Umum GBB Lukman Hakim dalam siaran persnya, Sabtu (18/2).

Dia menyebut acara itu dimaksudkan untuk mencari jalan keluar dari segala permasalahan atau konflik yang terjadi akibat perbedaan gagasan antara elemen-elemen hubungan industrial.

Menurutnya, situasi ketenagakerjaan atau hubungan industrial selama ini berjalan stagnan, misalnya saja masalah upah yang kerap mewarnai konflik antara keduanya setiap jelang akhir tahun.

"Jadi, dengan forum ini mudah-mudahan bisa mereduksi konflik, hal-hal yang tidak perlu tadi sehingga dari tahun ke tahun bisa melaksanakan industri dengan baik," kata Lukman.

Setelah melakukan forum, GBB juga menginisiasi pelatihan bertajuk "training awarness manajemen K3" serta memberikan sertifikat kepada para buruh di Hotel Istana, Kramatsari, Kec. Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Beberapa serikat buruh dan pengusaha yang hadir pada kesempatan ini di antaranya SPN (Serikat Pekerja Nasional), KSPN (Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara), SPSI (Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jateng.

Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuangan (GBB) berusaha menjadi perantara antara para pengusaha dan pekerja di lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News