Minggu, 21 Oktober 2018 – 09:15 WIB

Ganti Kue Tar dengan Sus

Jumat, 05 Oktober 2018 – 15:08 WIB
Ganti Kue Tar dengan Sus - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Ada tren baru dalam perayaan ulang tahun. Jika sebelumnya harus ada kue tar, kini, posisinya bisa digantikan oleh kue sus. Hal itu dikatakan seorang pembuat kue Icasia Adi Susanto. Kue susnya memang tidak biasa, melainkan croquembouche atau kue sus yang disusun layaknya tower. 

Kue sus tersebut sengaja dia buat dalam ukuran mini alias sekali lahap. Dia mengaku, ide awal pembuatan croquembouche datang saat menyaksikan TV show Zumbo's Just Dessert. Saat percobaan pembuatan, lulusan jurusan patisserie di William and Angliss Australia itu merekatkan croquembouchedengan karamel sesuai dengan pakemnya. "Tapi, ketika saya coba pakai karamel, tidak terlalu bagus hasilnya. Pasalnya, kelembapan udara di Surabaya relatif tinggi. Jadi, karamelnya enggak bisa mengering dengan baik," terangnya. 

Hal itu membuat Ica mengganti karamel dengan cokelat. Dia merekatkan sus satu dengan lainnya dengan bantuan cokelat dan lidi kayu. Bentuk tower berasal dari gabus berbentuk kerucut. Tingginya 22-25 sentimeter. Untuk memenuhi tower tersebut, Ica membutuhkan kurang lebih 20-25 buah sus. "Dibikin ukuran kecil biar langsung sekali gigit. Kalau dibuat besar, agak enek. Kalau kecil gitu, bisa sharing juga ke lebih banyak orang," imbuh penggagas Small Bites Patisserie itu. 

Ica menuturkan, ada kejutan yang tersimpan dalam croquembouche. Yakni, isian vla yang lebih variatif. Ada vanila, cokelat, lemon, dan karamel. Dia juga kerap mencelupkan sus ke dalam dark maupun white chocolate. Kemudian, ada aksesori pemanis. Misalnya, menempelkan lembaran daun emas yang bisa dimakan di atas sus.

"Orang juga ngerasa ada sensasi unik karena bisa ngambil dari atas atau bawah. Mereka juga bisa nebak rasa vla yang ada di dalam sus," imbuh perempuan 29 tahun tersebut. (hay/c6/tia) 

SHARES
TAGS   kue kekinian
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar