Gara-gara Ini, Mantan Desainer Chip iPhone Digugat Apple

Gara-gara Ini, Mantan Desainer Chip iPhone Digugat Apple
Logo Apple. Foto: Ubergizmo

jpnn.com, JAKARTA - Mantan desainer chip iPhone, Gerard Williams III digugat karena pelanggaran kontrak oleh Apple. Selama sembilan tahun bergabung di Apple, Williams adalah seorang desainer utama untuk chip dari A7 SoC ke chipset A12x.

Dilansir Phone Arena, Selasa (21/1), sebelum bekerja di Apple, Williams juga membantu mendesain inti CPU ARM Cortex-A8 yang digunakan untuk iPhone 3G. Kemudian ia akhirnnya bergabung dengan Apple sama seperti mendesain 64-bit core CPU pertama yang mengalahkan persaingan selama setahun penuh.

Ketika Williams meninggalkan Apple pada April 2019 lalu, ia bertanggung jawab merancang SoC lengkap. Ia meninggalkan Apple untuk mendirikan perusahaan baru bernama Nuvia, yang mendesain silikon berkinerja tinggi untuk dunia intensif di komputasi.

Williams mengklaim bahwa kontraknya dengan Apple bertentangan dengan undang-undang di California yang memungkinkan karyawan untuk mengembangkan bisnis baru.

Pengacara, Claude Stern, mengajukan agar tuntutan Apple diberhentikan. Namun, Hakim Pengadilan Tinggi Santa Clara County Mark Pierce mengatakan hukum tidak mengizinkan seorang karyawan untuk merencanakan maupun menciptakan perusahaan yang kompetitif sebelum pemutusan hubungan kerja.

Hakim Pierce juga melemparkan klaim Williams bahwa Apple menyebut privasinya dengan meninjau pesan teks yang ia tulis kepada karyawan lain yang kritis terhadap perusahaan. Dalam putusannya, Hakim Pierce mengatakan bahwa pesan teks diperoleh sebagai hasil dari penyadapan.

Claude Stern mengatakan, ia akan berdebat bahwa Apple tidak dapat menuntut Williams hanya karena mendapatkan ide baru ketika ia bekerja di Apple. (mg9/jpnn)

Mantan desainer chip iPhone, Gerard Williams III digugat karena pelanggaran kontrak oleh Apple.


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News