Gara-gara Ini, Menhan Dituding Otoriter

Gara-gara Ini, Menhan Dituding Otoriter
Menhan Ryamizard Ryacudu

jpnn.com - JAKARTA – Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DR Laode Ida menyebut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sudah memperlihatkan sikap otoriternya ketika mengumumkan rencana peluncuran program bela negara pada 19 Oktober 2015 mendatang oleh Presiden Joko Widodo.

“Saat Ryamizard Ryacudu mengumumkan rencana peluncuran program bela negara dan menyatakan yang tidak ikut wajib bela negara, silakan angkat kaki dari Republik Indonesia, kesannya Menhan sangat otoriter,” kata Laode Ida, di Jakarta, Selasa (13/10).

Padahal, lanjutnya, kalau bangsa dan negara dilihat secara komprehensif program bela negara sangat tidak relevan. Karena itu ujarnya, harus dikaji ulang dan ditolak.

“Mengapa? Pertama, program ini terkesan mengada-ada dengan tujuan yang tidak jelas. Bahkan boleh dikatakan sebagai bentuk dari kebuntuan strategi pertahanan nasional," tegasnya.

Hal yang sangat urgen menurut Ida, memperkuat basis ekonomi rakyat dengan pengerahan anggaran untuk pembangunan pondasi ekonomi kerakyatan.

“Jika rakyat sejahtera, maka akan bangga jadi warga bangsa ini dan secara otomatis akan membela negaranya dari semua bentuk tantangan dan ancaman apapun," ujar mantan senator asal Sulawesi Tenggara ini.

Menurut Ida, warga pribumi bangsa ini sudah terbukti tampil sebagai pejuang bela negara baik dalam merebut kemerdekaan maupun mempertahankannya, dalam kondisi hidup miskin sekalipun.

Kalau negara ini memang punya anggaran untuk program bela negara, Ida justru menyarankan anggaran tersebut akan jauh lebih bermanfaat dipakai untuk membangun daerah tertinggal di kawasan timur Indonesia dan warga miskin termasuk mereka yang kini terkena PHK akibat krisis ekonomi.

Dalam kondisi krisis ekonomi lanjutnya, membiayai program bela negara dengan dana ratusan triliun hanyalah sesuatu yang mudharat, miskin manfaat, alias pemborosan uang negara dan berorintasi proyek saja.

JAKARTA – Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DR Laode Ida menyebut Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu sudah memperlihatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News