Gara-gara Mario, DPR Minta Kemenhub Audit Bandara SSK

Gara-gara Mario, DPR Minta Kemenhub Audit Bandara SSK
Gara-gara Mario, DPR Minta Kemenhub Audit Bandara SSK

jpnn.com - JAKARTA - Aksi Mario Steven Ambarita (21) menyusup ke rongga roda pesawat dinilai menjadi bukti lemahnya pengawasan keamanan dan keselamatan di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK), Pekanbaru, Riau.

Komisi V DPR meminta Kemenhub mengaudit aspek teknis pengamanan Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Wakil Ketua Komisi V DPR, Yudi Widiana Adia mengatakan, setiap orang dilarang berada di daerah tertentu di bandara udara dan/atau melakukan kegiatan lain di kawasan keselamatan operasi penerbangan. Pasalnya, dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan, kecuali memperoleh izin dari otoritas Bandar udara.

"Aksi penyusupan ini, membuktikan lemahnya pengawasan keamanan dan keselamatan oleh pihak otoritas bandara. Kami sangat menyesalkan hal ini bisa terjadi,” kata Yudi di gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/4).

Dalam pasal UU No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, lanjut Yudi, otoritas bandara memiliki kewenangan untuk menjalankan dan melakukan pengawasan untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan.

Nah, aksi Mario cukup membuktikan lemahnya pengawasan keselamatan dan keamanan di bandara. Karena itu, Yudi meminta Kemenhub untuk melakukan audit teknis terhadap bandara Sultan Syarif Kasim II.

“Semua Bandara yang akan beroperasi harus memenuhi ketentuan keselamatan dan keamanan penerbangan. Jika sudah terpenuhi, maka akan diberikan sertifikat Bandar udara. Kalau kondisinya seperti ini, maka perlu diaudit ulang. Kejadian ini bisa mencoreng dunia penerbangan kita, bahkan bisa jadi membuat kategori penerbangan kita turun, bukan naik seperti yang dijanjikan menhub,” ujar Yudi. (fat/jpnn)

 


JAKARTA - Aksi Mario Steven Ambarita (21) menyusup ke rongga roda pesawat dinilai menjadi bukti lemahnya pengawasan keamanan dan keselamatan di Bandara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News