Garap Proyek SPAM Kota Pekanbaru, Anak Usaha PT PP Peroleh Pinjaman Rp337,34 Miliar

Garap Proyek SPAM Kota Pekanbaru, Anak Usaha PT PP Peroleh Pinjaman Rp337,34 Miliar
PT PP. Ilustrasi/Foto dok JPNN.com

jpnn.com, PEKANBARU - PT PP (Persero) Tbk, melalui anak usaha yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (PP Infra) melakukan Penandatanganan Fasilitas Pinjaman Berjangka Senior senilai Rp337,34 Miliar, untuk Proyek SPAM Kota Pekanbaru 750 liter per detik (lpd).

Dalam acara penandatanganan tersebut diwakili oleh Sinur Linda Gustina selaku Direktur HCM & Strategi Korporasi PT PP, I Komang Sudarma Direktur Keuangan & HCM Infra.

Kemudian Achmad Sanusi sebagai Direktur PT PP Tirta Madani, Perwakilan Direksi PT Memiontec Indonesia, M Ramadhan Harapan dari PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF), dan Silvy J. Gani dari PT Sarana Multi Infrastructure (SMI).

MoU ini dilakukan dalam pemenuhan financial closed Proyek SPAM Kota Pekanbaru 750 lpd.

Selain penandatanganan tersebut, PP Infra juga melaksanakan Kegiatan Serah Terima Aset dan Tanggal Efektif Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Sistem Penyediaan Air Minum Kota Pekanbaru (KPBU SPAM Kota Pekanbaru) di Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru Lantai 6, Tenayan Raya Pekanbaru, Provinsi Riau dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

PT PP Tirta Madani merupakan perusahaan yang terbentuk dari konsorsium tiga perusahaan, yakni PT PP Infrastruktur, PT Memiontec Indonesia, dan PT Envitech Perkasa (Konsorsium PP INFRA-MIONTECH), yang dibentuk untuk melaksanakan Proyek KPBU SPAM Kota Pekanbaru ini.

Achmad Sanusi menjelaskan proyek ini nantinya akan mengolah air sungai Siak sebagai sumber air baku dengan kapasitas output sebesar 750 liter per detik pada 2027.

Sementara, jumlah layanan yang akan menerima manfaat dari investasi proyek ini adalah sekitar 48 ribu sambungan rumah atau setara + 192.000 jiwa masyarakat Kota Pekanbaru di tujuh kecamatan, yaitu: Kec. Senapelan, Kec. Pekanbaru Kota, Kec. Lima Puluh, Kec. Sail, Kec. Sukajadi, Kec. Payung Sekaki, Kec. Bukit Raya.

Pemerintah Kota juga akan membantu proyek ini dengan memberikan bantuan dalam pembangunan jaringan retikulasi untuk memastikan penyerapan sesuai dengan target yang direncanakan.