Garuda-SJ Alami Runway Incursion, ini Pesan Pak Dirjen

Garuda-SJ Alami Runway Incursion, ini Pesan Pak Dirjen
Ilustrasi. Pesawat yang sedang parkir di bandara. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso memerintahkan semua personil penerbangan agar selalu menaati prosedur standar operasi (SOP) dan meningkatkan kewaspadaan untuk menghindari runway incursion.

Hal ini terkait dengan terjadinya runway incursion di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa (11/4) sekitar pukul 09.57 WIB.

Runway incursion terjadi antara pesawat Garuda Indonesia Boeing B777 dengan pesawat Sriwijaya Air Boeing B737-800 NG.

Perintah itu diberikan khususnya pada personil penerbangan yang berada di sisi udara bandara seperti personil pemandu lalu lintas (navigasi) penerbangan dan pilot.

"Petugas navigasi dan pilot harus selalu waspada dan menaati SOP pendaratan (landing) dan penerbangan (take off). Keduanya harus selalu bekerjasama dengan baik untuk keselamatan penerbangan," ujar Agus di Jakarta, Rabu (12/4).

Menurut Agus, petugas navigasi penerbangan dan pilot jangan hanya mengandalkan teknologi. Namun harus digabung dengan pengamatan dan pandangan mata (visual) untuk mendapatkan kondisi yang sebenarnya.

"Saya harapkan peristiwa ini menjadi peristiwa yang terakhir dan jangan sampai terjadi lagi di seluruh bandara di Indonesia. Keselamatan dan keamanan penerbangan adalah hal yang utama," tandas Agus.(chi/jpnn)


Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso memerintahkan semua personil penerbangan agar selalu menaati prosedur standar operasi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News