Garut Dilanda Bencana, PDIP Kirimkan Baguna

Garut Dilanda Bencana, PDIP Kirimkan Baguna
Tim Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP saat menyiapkan bantuan bagi korban bencana alam banjir bandang di Garut, Kamis (22/9). Foto: Baguna for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Tragedi banjir bandang di Garut dan longsor di Sumedang, Jawa Barat yang menelan puluhan korban jiwa membuat PDI Perjuangan tergerak untuk mengirim bantuan pangan dan pengobatan. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu pun mengirimkan 100 kadernya yang tercatat sebagai personel Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) untuk membantu korban becana.

Tim Baguna dipimpin langsung oleh ketuanya, Sadarestuwati yang juga anggota Fraksi PDIP DPR. Menurut Sekretaris Baguna PDIP Alvian Veoh, kegiatan yang dilakukan sayap partai PDIP itu antara lain pencarian dan pertolongan (SAR), evakuasi korban, pengobatan dan penyediaan dapur umum.

"Baguna Pusat PDIP menerjunkan kekuatan personel 100 orang dan sepuluh unit kendaraan. Kegiatan yang dilakukan oleh Baguna terdiri dari SAR, pelayanan kesehatan, dapur umum, dan membersihkan lingkungan," ujar Alvin sebagaimana siaran pers Baguna, Kamis (22/9).

Ia memerinci, tim Baguna pusat disebar ke sejumlah titik bencana. Untuk wilayah Kabupaten Garut, tim Baguna ditempatkan di Kecamatan Cimacan dan Tarogong Kidul.

Sedangkan untuk bencana longsir di Sumedang, tim Baguna ditempatkan di dua kecamatan. Yakni Kecamatan Cimandiri dan Sumedang Selatan.

Menurut Alvin, Baguna sudah mendirikan posko kesehatan di daerah bencana pada 20 September lalu. Sejauh ini, jumlah warga yang berobat di posko pelayanan kesehatan Baguna mencapai 1.500 orang.

Alvin menambahkan, tim Baguna akan bertahan selama beberapa hari ke depan. “Rencana operasional Baguna berlangsung selama tujuh hari," jelasnya.

Bencana di Garut juga mendapat perhatian serius dari pemerintah. Hari ini Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo, Kepala Badan NAsional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, serta Kepala dan Sekretaris Baguna PDIP bersama-sama meninjau lokasi bencana.

JAKARTA - Tragedi banjir bandang di Garut dan longsor di Sumedang, Jawa Barat yang menelan puluhan korban jiwa membuat PDI Perjuangan tergerak untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News