Gas Amoniak Bocor, 975 Warga Keracunan

Gas Amoniak Bocor, 975 Warga Keracunan
Gas Amoniak Bocor, 975 Warga Keracunan
DEWANTARA- Pabrik milik PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) kembali menyebarkan racun kepada masyarakat di Kecamatan Dewantara Aceh Utara. Diperkirakan 975 warga Desa Tambon Tunong dan dua desa lainnya di Kecamatan Dewantara, Aceh Utara mengalami keracunan akibat terhirup gas amoniak yang bocor dari pabrik tersebut. Insiden yang terjadi Rabu (28/4) sekitar pukul 11.30 itu menyebabkan 12 warga dilaporkan harus dirawat intensif di Rumah Sakit (RS) TNI AD Lhokseumawe karena mengalami gangguan pernapasan akut.

Disebutkan, ratusan warga awalnya mengalami mual dan muntah-muntah disertai sesak nafas. Malah, ada yang pingsan setelah terhirup gas amoniak PT PIM, kebanyakan warga yang mengalami kejadian itu dari Desa Tambong Tunong sisanya ada dari desa Tambon baroh dan sekitarnya.

“Para korban langsung dievakuasi ke klinik PT PIM yang ada dalam komplek perumahan sisanya lagi ditampung di Puskesmas setempat dan tempat medis lainnya,” ujar Salah seorang warga yang sedang membantu proses evakuasi korban.

Dia mengatakan, hampir semua korban mengaku sesak dan pusing setelah menghirup zat bau tersebut.

DEWANTARA- Pabrik milik PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) kembali menyebarkan racun kepada masyarakat di Kecamatan Dewantara Aceh Utara. Diperkirakan…