Gawat! 9 Aplikasi Berbahaya Penyebab Akun Facebook Diretas, Buruan Hapus

Gawat! 9 Aplikasi Berbahaya Penyebab Akun Facebook Diretas, Buruan Hapus
Ilustrasi aplikasi android berbahaya di Google Play Store. Foto: Phone Arena

jpnn.com - Peretasan akun Facebook akhir-akhir ini makin ramai. Kejahatan siber tersebut tentunya sangat merugikan pemilik akun bersangkutan.

Banyak cara yang dilakukan peretas untuk bisa mengambil alih akun Facebook korbannya.

Salah satu yang dideteksi oleh peneliti keamanan siber dari Zimperium Labs ialah para penjahat itu menyusupkan malware di aplikasi yang dipasang di Google Play Store.

Menurut peneliti Zimperium Labs, setidaknya ada sembilan aplikasi di Google Play Store yang disusupi malware jenis trojan bernama "FlyTrap".

Malware tersebut menyamar sebagai aplikasi yang menawarkan kode kupon gratis untuk Netflix dan Google Ads, serta program pertandingan sepak bola.

Program berbahaya itu sangat berpotensi meretas akun Facebook dan mencuri data-data pribadi korban seperti lokasi, alamat e-mail, alamat IP, serta cookie apa pun yang terkait dengan akun tersebut.

Metodenya, lanjut Zimperium Labs, ketika pengguna membuka aplikasi berbahaya itu, mereka akan diminta untuk masuk ke akun Facebook sebelum memperoleh kode kupon gratis.

Setelah login, aplikasi berbahaya itu akan memunculkan notifikasi yang mengatakan bahwa kode sudah kedaluwarsa. Saat itulah, korban mulai dimanipulasi oleh peretas.

Peretasan akun Facebook akhir-akhir ini makin ramai dan tentunya sangat merugikan, Zimperium Labs mendeteksi para peretas melakukan itu dengan menyusupkan malware di aplikasi yang tersedia di Play Store

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News