GAWAT! Istana Bogor Dikepung Hewan Berbahaya Ini

GAWAT! Istana Bogor Dikepung Hewan Berbahaya Ini
Ilustrasi Radar Bogor.

jpnn.com - TAHUN lalu, sebuah pohon raksasa tumbang di Kebun Raya Bogor akibat dimakan rayap. Karena tertimpa pohon, tujuh orang tewas dan 30 orang lainnya luka. Setelah ditelusuri ternyata tumbangnya poho tua itu karena dimakan rayap.

Ya, hewan mini tapi berbahaya itu saat ini berkembang pesat di Kota Hujan. 

Kali ini giliran Istana Bogor yang terancam dikepung rayap. Padahal, Istana kebanggan Soekarno itu baru saja ditempati Presiden Jokowi untuk berkantor.

Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) Dodi Nandika mengatakan, keberadaan rayap akan selalu mengancam. Tak hanya, pohon tetapi kayu pada bangunan juga bisa hancur karena rayap.

“Rayap itu selalu mengancam, jangan salah rangka baja itu aman, karena rayap juga selalu menyerang isi bangunan gedung,” ujar Dodi di sela-sela coffee morning di ruang Ececutive Lounge, Kampus IPB Baranangsiang, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, kawasan KRB dan Istana Bogor kini menjadi ancaman bagi pohon yang sudah dimakan rayap, setidaknya dalam satu koloni mereka bisa berjumlah tujuh juta koloni dalam satu keluarga. 

Untuk makanan, mereka mampu menghabiskan 24 kilogram kayu per koloni dalam satu tahun atau sebanding dengan satu kusen pintu, habis dalam satu tahun.

Dodi mencontohkan, dalam satu kasus terdapat pohon yang dimakan rayap, artinya di radius 50 meter terdapat sarang rayap.

TAHUN lalu, sebuah pohon raksasa tumbang di Kebun Raya Bogor akibat dimakan rayap. Karena tertimpa pohon, tujuh orang tewas dan 30 orang lainnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News