Gedung Mahakam Training Center Raih Sertifikasi Green Building

Gedung Mahakam Training Center Raih Sertifikasi Green Building
Green Building milik Pertamina Hulu Mahakam. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Gedung Mahakam Training Center (MTC) PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) resmi memperoleh sertifikat Green Building (gedung ramah lingkungan) yang diberikan oleh EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) pada 22 Juli 2021 lalu.

Gedung tersebut termasuk dalam zona 8 Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina.

Fasilitas yang berada di Lapangan SPS (Senipah Peciko South Mahakam), di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara ini, merupakan pusat kegiatan pelatihan bagi pekerja dan mitra PHM, dan memiliki kelas-kelas dengan kapasitas 20 orang/kelas.

Di tiap kelasnya terdapat fasilitas-fasilitas utama yang mendukung penghematan sumber daya dan lingkungan.

General Manager PHM, Agus Amperianto, menjelaskan bahwa para Perwira (pekerja) di Lapangan SPS dan jajaran manajemen PHM berkomitmen untuk memastikan operasi migas yang peduli terhadap aspek keberlanjutan lingkungan seperti yang ditunjukkan dengan diraihnya sertifikasi Green Building pada gedung penunjang ini.

“Pencapaian Green Building Gedung MTC merupakan wujud komitmen dan upaya PHM dalam melakukan penghematan energi dan air, serta penggunaan material ramah lingkungan,” kata Agus.

Fasilitas pertama adalah Variable Refrigerant Volume (VRV) yaitu sistem pendinginan pada AC dengan menggunakan jalur pipa dan kompresor inverter.

VRV mampu meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas dalam pengaplikasian pendinginan tata udara sehingga menghemat konsumsi energi hampir 30 persen.

Gedung Mahakam Training Center (MTC) PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) resmi memperoleh sertifikat Green Building dari Excellence in Design for Greater Efficiencies.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News