Gegana Sterilisasi 5 Gereja di Bantul Menjelang Malam Natal

Gegana Sterilisasi 5 Gereja di Bantul Menjelang Malam Natal
Tim Penjinak Bom Detasemen Gegana Sat Brimob Kepolisian Daerah (Polda) DIY saat melakukan sterilisasi gereja di wilayah Bantul, Sabtu (24/12/2022) ANTARA/Foto Humas Polres Bantul.

jpnn.com, BANTUL - Tim Penjinak Bom Detasemen Gegana Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu melakukan sterilisasi lima gereja di wilayah Kabupaten Bantul, DIY guna memastikan perayaan atau ibadah Natal berjalan aman.

"Tentunya sterilisasi gereja ini merupakan salah satu bentuk hadirnya Polri untuk masyarakat guna mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat)," kata Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana dalam pesan tertulisnya di Bantul, Sabtu.

Lima gereja tersebut, kata Jeffry, adalah Gereja Katolik Santo Paulus Pringgolayan, Gereja Katolik Santo Yakobus Klodran, Gereja Katolik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Gereja Katolik Salib Suci Gunung Sempu dan Gereja Santa Theresia Sedayu.

Menurut dia, tim penjinak bom melakukan sterilisasi gereja-gereja mulai dari pintu masuk hingga seluruh isi ruangan.

"Menggunakan alat pendeteksi logam serta anjing pelacak, petugas menyisir setiap sudut area gereja untuk dilakukan pemeriksaan, mulai tempat duduk jemaat, altar gereja, pohon natal, alat musik serta tempat-tempat lainnya," katanya.

Melalui sterilisasi itu, kata dia, polisi berupaya memastikan keamanan dan kenyamanan umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah Natal.

Lebih lanjut, dia mengatakan, dari hasil pengecekan di lima gereja tidak ditemukan barang-barang berbahaya baik itu bahan peledak (handak) maupun barang berbahaya lainnya.

"Petugas juga akan terus melakukan penjagaan dan pengawasan di seluruh lokasi yang menjadi pusat kegiatan. Penjagaan ini, bisa membuat jemaat bisa tenang dan aman melakukan ibadah pada tahun ini," katanya. (ant/dil/jpnn)

Melalui sterilisasi itu, kata dia, polisi berupaya memastikan keamanan dan kenyamanan umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadah Natal


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News