Gegara Corona, Para Pemain Sepak Bola Terkena PHK Sementara

Gegara Corona, Para Pemain Sepak Bola Terkena PHK Sementara
Suasana di luar Stadion Allianz, Turin, Sabtu (29/2). Sejumlah pertandingan liga Italia Serie A ditunda karena merebaknya virus corona di negara itu. Foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Massimo Pinca/pras

jpnn.com, NORWEGIA - Kondisi ekonomi yang seret akibat wabah virus corona (COVID-19) menyebabkan para pesepak bola profesional di Norwegia terpaksa menghadapi pemutusan hubungan kerja (PHK) sementara.

Serikat pemain NISO kepada Reuters di Oslo, Kamis (19/3) menyampaikan. karena klub-klub di negeri itu kesulitan keuangan, memaksa pemerintah membayari gaji pemain.

Karena stadion-stadion kosong melompong dan tidak menentunya pendapatan dari siaran televisi, klub-klub di beberapa negara menghadapi masalah finansial begitu virus corona menyebar, dan Norwegia diyakini sebagai negara pertama yang mengumumkan PHK sementara itu.

Ketika klub-klub di negara-negara seperti Inggris dan Spanyol bisa membayar gaji besar untuk para pemain dan manajer top karena bantuan hak siar televisi dan sponsor.

Sementara, tim-tim di negara-negara kecil di Eropa kerap hidup kembang kempis, berusaha memberikan gaji yang layak sembari menyeimbangkan neraca keuangannya.

Sepak bola Norwegia bertindak cepat ketika virus memaksa pemain dikarantina selama 14 hari, membatalkan pertandingan playoff Euro 2020 antara negeri itu dengan Serbia, dan menunda semua aktivitas sepak bola termasuk latihan.

“PHK sementara itu adalah langkah berikutnya dalam menyelamatkan masa depan sepak bola,” kata Joachim Walltin, direktur NISO.

Menurut dia PHK sementara itu adalah hak klub dan akibat pihak berwenang memutuskan semua kegiatan olah raga dihentikan sampai 26 Maret sehingga pemain sepak bola terpaksa berhenti bekerja sementara.

Dampak mewabahnya virus corona, COVID-19, para pemain sepak bola profesional di Norwegia terkena PHK sementara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News