Gegara Asal Klik di Android, Uang Rp 1,5 Miliar Raib

Gegara Asal Klik di Android, Uang Rp 1,5 Miliar Raib
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Pol Suhasto. (ANTARA/Firman)

jpnn.com, BANJARMASIN - Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah mengusut kasus peretasan uang milik salah satu nasabak Bank Rakyat Indonesia (BRI) bernama Muhammad.

Korban yang merupakan warga asal Martapura, Kabupaten Banjar itu telah kehilangan uang sebesar Rp 1, 5 miliar dari rekeningnya.

"Kami lagi selidiki, pihak bank lagi dipanggil dan pelapor sudah dilakukan pemeriksaan," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes Suhasto dikutip dari Antara, Senin (11/9).

Menurut Suhasto, pihaknya berusaha semaksimal mungkin dapat mengungkap kasus tersebut dalam waktu secepatnya.

"Semua kemungkinan indikasi modus operandi kami telusuri untuk dapat membongkar kasus ini," ujar dia.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Suhasto menduga korban mengklik atau mengunduh file Android Package Kit (APK) sehingga data pribadi hingga rekening dapat diretas oleh pelaku.

APK (Android Package Kit) adalah format file untuk aplikasi yang digunakan pada sistem operasi android.

Selain bisa diunduh melalui Google Play Store, APK juga bisa dibuka secara manual namun memiliki risiko tinggi karena tidak semua sumbernya resmi dan bisa mengandung malware atau virus software.

Seorang nasabah BRI bernama Muhammad mengaku kehilangan uang sebesar Rp 1,5 miliar di rekeningnya setelah mengunduh atau mengklik aplikasi di Android.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News