Gelar Asistensi, Bea Cukai Dorong UMKM untuk Ekspor

Gelar Asistensi, Bea Cukai Dorong UMKM untuk Ekspor
Bea Cukai kembali menggelar asistensi terhadap para pelaku usaha termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menggelar asistensi terhadap para pelaku usaha termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kali ini kegiatan dilakukan Bea Cukai di tiga wilayah berbeda masing-masing, yakn8 Banten, Semarang, dan Madura.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan bahwa terhadap berbagai produk yang berpotensi ekspor di Indonesia, Bea Cukai secara kontinu akan mendukung melalui asistensi, sosialisasi, atau kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan.

Upaya itu dilakukan untuk membantu para pelaku usaha untuk menyelesaikan kendala yang ditemui UMKM dalam menjalankan usahanya.

Di wilayah Tangerang, Kanwil Bea Cukai Banten menggelar asistensi kepada dua UMKM berbeda, yaitu Cartenz Cocoa dan PT Followme Indonesia (14/2).

Asistensi ke Cartenz Cocoa dilakukan oleh Bea Cukai terkait rencana perusahaan tersebut untuk melakukan ekspor produk Cocoa Powder (bubuk cokelat) sejumlah 10.5 MT ke India antara Gebruari atau Maret 2023.

Hatta menjelaskan asistensi dilakukan dengan membantu Cartenz Cocoa melakukan penelitian perjanjian kerja sama dagang pihak pembeli.

“Kami berupaya memastikan terpenuhinya persyaratan administrasi pengajuan dokumen ekspor dan hal-hal lain yang mungkin dapat memastikan tingkat keamanan ekspor tersebut sampai kepada pembeli di negara tujuan," ungkap Hatta.

Bea Cukai kembali menggelar asistensi terhadap para pelaku usaha termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News