Gelar Pelatihan, Bea Cukai Bentuk Pelaku Usaha Luwu & Sidoarjo Siap Ekspor

Gelar Pelatihan, Bea Cukai Bentuk Pelaku Usaha Luwu & Sidoarjo Siap Ekspor
Bea Cukai kembali menggelar pelatihan ekspor kepada para pelaku usaha di dua wilayah, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Timur. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai kembali menggelar pelatihan ekspor kepada para pelaku usaha di dua wilayah, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Kegiatan tersebut terkait syarat ekspor, hingga tata cara pelaksanaan ekspor.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan pelatihan ini adalah cara untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha tentang potensi ekspor.

“Jadi, pelatihan ini digelar untuk mengembangkan potensi pelaku usaha potensial agar mampu melakukan ekspor komoditas mereka secara mandiri,” kata dia.

Di Luwu Utara, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulbagsel hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Tahap Dasar dan Lanjutan UMKM Berorientasi Go Global pada 14-15 November 2023.

Diikuti 20 peserta UMKM yang siap digitalisasi, Kanwil Bea Cukai Sulbagsel menyampaikan beberapa hal terkait tugas dan fungsi Bea Cukai serta pengantar ekspor.

Pelatihan ekspor dasar ini merupakan hasil kerja sama antara Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar serta Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo di bawah naungan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Kominfo.

DEA sendiri merupakan beasiswa pelatihan Kominfo bagi masyarakat umum, serta pelaku UMKM yang ingin naik kelas dalam hal pemanfaatan teknologi digital.

Bea Cukai kembali menggelar pelatihan ekspor kepada para pelaku usaha di dua wilayah, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News