JPNN.com

Gelar Seminar Pendidikan, GMKI Menagih Janji Kampanye Jokowi – Ma’ruf Amin Soal Infrakstruktur Langit

Jumat, 15 Mei 2020 – 02:25 WIB Gelar Seminar Pendidikan, GMKI Menagih Janji Kampanye Jokowi – Ma’ruf Amin Soal Infrakstruktur Langit - JPNN.com
Suasana saat Webinar Nasional Pendidikan bertema “Wajah Baru Pendidikan di Era IR 4.0” yang diselenggarakan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) pada hari Senin (11/5/2020). Foto: Humas GMKI

jpnn.com, JAKARTA - Webinar Nasional Pendidikan dengan mengambil tema “Wajah Baru Pendidikan di Era IR 4.0” yang diselenggarakan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) pada hari Senin (11/5/2020) melahirkan beberapa poin penting untuk menjadi perhatian pemerintahan Jokowi di masa pendmi Covid-19.

Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Korneles Galanjinjinay menyampaikan salah satu alasan pelaksanaan Webinar tersebut adalah dalam rangka merespons situasi wabah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan hingga akhirnya berimbas pada kekhawatiran terabaikannya beberapa sektor penting, seperti halnya bidang pendidikan oleh pemerintah.

Menurut Korneles, Pandemi ini memang memaksa kita harus menggunakan teknologi untuk melanjutkan pembelajaran di sekolah. Tetapi, sebenarnya bukan hanya karena pandemi ini juga, seharusnya ada atau tidak ada pandemi ini pemerintah sudah seharusnya mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung modernisasi pendidikan kita.

“Karena kita akan masuk era baru, era revolusi industri keempat,” kata Korneles mengawali webinar.

Korneles juga menambahkan persoalan selama ini ada di daerah-daerah 3T (daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia), persoalan infrastruktur dan lain-lain yang tidak merata.

Untuk menjawab itu, dia mengingatkan pemerintahan Jokowi-Ma’aruf Amin soal janji kampanye di Pilpres 2019 tahun lalu. Khususnya soal janji pembangunan infratruktur langit yang dinilainya belum konkret sehingga pembelajaran pun terkendala di masa pandemik karena harus bergantung pada media pembelajaran virtual.

“Kita dijanjikan oleh Presiden dan Wakil Presiden akan membangun infrastruktur langit, tetapi sampai sekarang juga enggak terjadi. Malah kita kaget dengan kekagetan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu rapat dengar pendapat dengan DPR RI, itu beliau kaget bahwa ada daerah yang tidak ada jaringan dan listrik menjadi persoalan ini sudah sejak Republik ini Merdeka,” kata Korneles.

GMKI juga menyerukan agar pemerintah segera membenahi persoalan-persoalan itu secepatnya, jika tidak diantisipasi dan dipersiapkan maka Indonesia akan dihancurkan loleh gelombang revolusi keempat itu sendiri, dan imbasnya akan membuat pendidikan dan SDM Indonesia akan tertinggal jauh dari Negara-negara lain.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri