Gelar Tasyakuran, Ancang-Ancang Sebarkan Pesan \'Sang Kyai\'

Gelar Tasyakuran, Ancang-Ancang Sebarkan Pesan \'Sang Kyai\'
Gelar Tasyakuran, Ancang-Ancang Sebarkan Pesan \'Sang Kyai\'

jpnn.com - JAKARTA - Film Sang Kyai yang mengangkat sosok pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari berhasil menyabet empat Piala Citra pada ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2013. Torehan yang dicapai film besutan Rako Prijanto itu pun membuat bangga keluarga besar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebagai bentuk rasa syukur atas moncernya Sang Kyai, partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu menggelar tasyakuran di kantor DPP PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Minggu (8/12). Nantinya, PKB akan menggelar nonton bareng di berbagai daerah demi memudahkan kalangan nahdliyin yang belum sempat nonton Sang Kyai untuk menyimak film yang dibintangi Ikranegara itu.

"Bila ada warga NU yang sama sekali belum pernah menonton film ini, tolong bilang ke saya dan nanti akan kita fasilitasi untuk nonton bareng. Kita akan putarkan film ini di mushola, masjid, lapangan, kampung dan tempat umum lainnya,” kata Muhaimin di acara tasyakuran itu.

Hadir dalam kesempatan itu antara lain Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB Andi Muawiyah Ramly, Ketua DPP PKB, Syafira Machrusah, Ketua Lakumham DPP PKB Anwar Sanusi, Wakil Bendahara Daniel Johan dan sejumlah fungsionaris PKB lainnya. Menurut Muhaimin, film Sang Kyai mengingatkan publik tentang kiprah KH Hasyim Asy'ari di era perjuangan kemerdekaan.

Cak Imin -sapaan akrab bagi Muhaimin- menegaskan, KH Hasyim Asy'ari dan NU memiliki andil besar dalam kemerdekaan bangsa ini. Lantaran Resolusi Jihad dari KH Hasyim Asy'ari, pula maka kalangan santri membulatkan tekad memanggul senjata untuk berjuang mengusir penjajah.

"Ada keteladanan kyai dalam mewujudkan cinta tanah air dan mengondisikan kemerdekaan bangsa Indonesia meski dalam tekanan yang cukup kuat. Mandat ini wajib diteladani oleh warga NU dan kader PKB sepenuhnya,” ujar Muhaimin.

Dalam film yang diproduksi Rapi Film itu, sosok KH Hasyim Asy'ari diperankan oleh Ikranagara. Aktris senior Christine Hakim juga ikut bermain sebagai Nyai Kapu, istri KH Hasyim. Di ajang FFI 2013, Sang Kyai mendapat Piala Citra untuk katagori film terbaik, sutradara terbaik, pemeran pembantu pria terbaik dan penata suara terbaik.

Namun, bukan keberhasilan Sang Kyai di FFI saja yang menjadi perhatian Muhaimin. "Ada keteladanan kyai dalam mewujudkan cinta tanah air dan mengondisikan kemerdekaan bangsa Indonesia meski dalam tekanan yang cukup kuat. Ini wajib diteladani oleh warga NU dan kader PKB sepenuhnya,” ujar politisi yang dipercaya sebagai Menakertrans itu.(ara/jpnn)


JAKARTA - Film Sang Kyai yang mengangkat sosok pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Hasyim Asy'ari berhasil menyabet empat Piala Citra pada ajang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News