JPNN.com

Geliat Pertumbuhan Ekonomi Warga di Sekitar Kawasan Industri Weda Bay Halmahera

Rabu, 26 Agustus 2020 – 12:21 WIB
Geliat Pertumbuhan Ekonomi Warga di Sekitar Kawasan Industri Weda Bay Halmahera - JPNN.com
Kawasan Industri Weda Bay di Halmahera. Foto dok IWIP

jpnn.com, HALMAHERA TENGAH - Kehadiran kawasan industri Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), yang terletak di Halmahera Tengah, Maluku Utara mendatangkan rezeki bagi warga sekitar.

Kawasan industri yang berdiri sejak 2018 semakin memberi dampak ekonomi yang signifikan bagi desa yang berada di sekitar kawasan tersebut.

Saat ini, usaha kecil-menengah yang dijalankan oleh warga sekitar pabrik semakin menjamur. Semakin banyak ditemui usaha milik warga seperti warung makan, kelontong, laundry, dan juga kos-kosan.

Salah satunya Raher Jafar, penduduk asli Desa Lelilef Waibulan, yang memiliki usaha warung kelontong dan kos-kosan. Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, menurutnya, kehadiran IWIP membuat desanya menjadi lebih ramai.

Hal ini tentunya berdampak positif pada perputaran ekonomi di sana.

“Dulu pendapatan kami 3 juta, dengan adanya IWIP bisa Rp7-10 juta. Karena kami ada usaha juga. Ada usaha kosan dan jualan sembako. Kami dari masyarakat berharap perusahaan IWIP harus tetap ada karena pendapatan masyarakat juga meningkat,” ujar Raher.

Sementara, Kepala Desa Lelilef Waibulan Arif Gaim mengemukakan, sebelum adanya IWIP, tidak ada kos-kosan di daerah tersebut. Kini dengan kehadiran perusahaan tersebut dan banyaknya tenaga kerja yang diserap, membuat roda ekonomi berputar di desanya.

“Nelayan, petani, dan orang yang berkebun dahulu jualan saja susah, karena siapa yang mau beli? Tapi dengan keberadaaan perusahaan dan banyaknya pekerja, sekarang jangankan jualan di pasar, jual di jalan saja sudah banyak yang beli. Artinya kehidupan masyarakat lebih meningkat,” tutur dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy