Gemar Makan Ubi Jalar? Ini 5 Manfaatnya

Gemar Makan Ubi Jalar? Ini 5 Manfaatnya
Ubi jalar. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Siapa yang bisa menolak godaan dari ubi jalar yang baru saja keluar dari oven ataupun kukusan? Asap hangatnya yang mengepul, daging umbinya yang terlihat empuk setelah dibagi dua, serta rasanya yang manis alami bisa membuat penggemar setianya tak mampu menahan diri untuk segera menyantap umbi-umbian yang memiliki banyak warna tersebut.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi ubi sebagai camilan pendamping minuman hangat ataupun sumber karbohidrat utama, ada lima manfaat ubi jalar yang bisa Anda peroleh, seperti dilansir Healthline.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Ubi jalar kaya akan serat dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan usus. Serat yang dimilikinya pun lengkap, ada serat tidak larut dan serat larut. Serat larut dari ubi dapat menyerap air dan melunakkan feses Anda. Sedangkan serat tidak larutnya menyeimbangkan kadar air di dalam saluran pencernaan.

Kedua jenis serat dari ubi jalar juga dapat difermentasi oleh bakteri di dalam usus besar Anda. Hal itu bisa menciptakan senyawa asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid), pelapis usus yang menjaga usus selalu kuat. Tak cuma itu, sebuah studi juga telah menemukan bahwa antioksidan dalam ubi jalar ungu dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri “baik” di dalam usus.

2. Memiliki zat pelawan kanker

Antosianin, jenis antioksidan yang ditemukan dalam ubi ungu dapat memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker kandung kemih, usus besar, lambung, dan payudara.

Dalam sebuah penelitian, tikus yang diberi ubi ungu menunjukkan adanya tingkatan kanker usus stadium awal yang lebih rendah ketimbang tikus yang tidak diberikan ubi ungu sama sekali. Itu berarti antosianin berperan penting dalam perlindungan tubuh dari mengganasnya sel kanker. Selain itu, ekstrak ubi jalar oranye dan kulit ubi jalar juga bersifat antikanker.

Mulai sekarang, coba pikir-pikir lagi sebelum Anda mengganti camilan sehat dengan makanan lain, karena ubi jalar memiliki sejumlah manfaat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News