Gemar Minum Kopi? ini Kiat Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil

Gemar Minum Kopi? ini Kiat Menjaga Kadar Gula Darah Tetap Stabil
Minum kopi. Foto: Gstockstudio/123rf

jpnn.com - Minum kopi sudah menjadi aktivitas wajib bagi sebagian besar orang. Karena asupan kopi dianggap dapat mencegah badan lemas dan kantuk, serta meningkatkan energi untuk beraktivitas. Namun, ada anggapan bahwa kopi juga berpengaruh terhadap kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. 

 

Tips menjaga kadar gula darah tetap stabil

Agar kondisi gula darah tetap stabil, cobalah untuk membatasi konsumsi kopi harian Anda. Selain itu, terapkan berbagai upaya pola hidup yang sehat seperti berikut ini:

  • Menyeimbangkan asupan protein dan lemak di dalam tubuh serta konsumsi makanan tinggi serat.
  • Olahraga rutin setiap hari minimal 30 menit.
  • Istirahat cukup dengan mengusahakan tidur 8 jam sehari.
  • Rutin cek kadar gula darah setiap bulan di klinik terdekat.
  • Dengan menjalankan berbagai tips tersebut, niscaya Anda akan terbebas dari penyakit diabetes yang amat membahayakan tubuh.

Selain membatasi kopi dan memperhatikan pola hidup sehat, waspadai juga tiga gejala diabetes mellitus tipe 2 yang akan muncul pada tubuh ketika kadar gula darah tak terkontrol. Jika mengalami keluhan sering haus, sering lapar dan sering buang air kecil, segera hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan lanjut untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(NP/RVS/klikdokter)


Berita Selanjutnya:
8 Manfaat Minum Kopi

Selain membatasi kopi dan memperhatikan pola hidup sehat, waspadai juga tiga gejala diabetes mellitus tipe 2 yang akan muncul pada tubuh ketika kadar gula darah tak terkontrol.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News