Kenali Kaitannya Kopi dengan tubuh dan Otak Anda

Kenali Kaitannya Kopi dengan tubuh dan Otak Anda
Kopi. ILUSTRASI. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Jika Anda seorang peminum kopi, Anda tahu tidak ada yang lebih menyenangkan daripada seteguk kopi panas di pagi hari. Tentu rasanya enak. Tetapi bukan itu saja.

Dengan kopi mengalir di pembuluh darah Anda, Anda tiba-tiba merasa cukup bersemangat melakukan aktivitas harian Anda. Sebagian besar penelitian menemukan bahwa kopi juga bagus untuk kesehatan. Selama tidak berlebihan mengonsumsi, kopi telah berkorelasi dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2.

Dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi bahkan bisa menurunkan risiko depresi Anda. Pertama dan terpenting, tubuh setiap orang berbeda dan kita semua memetabolisme kafein secara berbeda.

Baca juga: 8 Manfaat Minum Kopi

Jadi sementara satu orang mungkin bisa minum empat cangkir kopi setelah makan siang, merasa berenergi setelahnya dan mendapatkan tidur malam yang sangat baik, orang lain mungkin minum jumlah yang lebih kecil di pagi hari, kemudian mengalami kegelisahan dan begadang malam.

Tidak ada cara untuk mencari tahu persis bagaimana Anda bereaksi terhadap kopi sampai Anda mencobanya, tetapi kebanyakan orang bisa mengalami beberapa efek samping dari kafein - seperti kegugupan, insomnia, jantung berdebar atau bahkan kepanikan besar.

Baca juga: Kopi Paling Sehat yang Bisa Anda Konsumsi

"Kafein memiliki beberapa efek fisiologis pada tubuh, salah satu yang paling ampuh adalah kemampuannya untuk merangsang sistem saraf simpatik untuk menghasilkan adrenalin dari kelenjar adrenalin Anda," kata ahli gizi, Tamar Samuels, seperti dilansir laman MSN.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi bahkan bisa menurunkan risiko depresi Anda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News